MULAI DARI DIRI-MODUL 2.1
TUGAS
MULAI DARI DIRI, MODUL 2.1
AAN
PUJIYONO TIMORENTI, S.Pd
CGP
ANGKATAN 5 KABUPATEN NGAWI
- Bagaimana
seorang guru dapat mengelola kelas dan memenuhi kebutuhan belajar
murid-muridnya yang berbeda-beda?
Jawab : Keberagaman murid yang berbeda-beda
jelas akan membuat kita semakin sulit dalam mengkontrol mereka, karena setiap
anak pasti mempunyai latar belakang, kebiasaan masyarakat yang berbeda pula,
hal ini pastinya akan membuat tantangan tersendiri bagi seorang guru. Dalam
pemenuhan belajar murid yang beragam tersebut, guru harus mempunyai strategi
tertentu, dengan mengetahui latar belakang, bakat dan minat anak, serta
keunikan masing-masing anak, memungkinkan kita bisa memberikan kebutuhan murid
yang berbeda-beda
- Bayangkanlah
kelas yang saat ini Anda ampu dengan segala keragaman murid-murid Anda.
Jawab : kelas yang saya ajar saat ini mempunyai
keberagaman yang berbeda, baik dari tingkat kepandaian, ekonomi keluarga
ataupun dari keinginan anak dalam belajar di sekolah/kelas. Hal keberagaman ini
memotivasi saya untuk menuntun,
mengarahkan dan membawa anak-anak tersebut dapat sukses kedepannya, tentunya
dengan keunikan, bakat minat yang mereka miliki sesuai dengan kodrat yang
mereka miliki
- Apa
yang telah Anda lakukan untuk melayani kemampuan murid yang berbeda? Apa
yang Anda lakukan untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih mudah
untuk murid Anda? Apakah ada perlakuan yang berbeda yang Anda
lakukan? Jika ada, perlakuan seperti apa? Jika tidak ada, apa
dampaknya terhadap murid Anda?
Jawab : yang telah saya lakukan : memotivasi,
mengarahkan memberi gambaran kedepannya saat mereka telah lulus dari sekolah,
mereka mempunyai tantangan yang lebih berat, karena mereka harus dapat bertaanggungjawab
terhadap dirinya sendiri, sehingga kedepannya dapat mencapai keberhasilan
secara lahiriah dan batiniah. Perlakuan yang berbeda jelas ada, karena setiap
anak membawa keunikan mereka masing-masing, di kelas saya ada anak yang
mempunyai kepandaian di atas rata-rata, anak tersebut tidak mau kalau disamakan
pembelajarannya dengan yang lainnya, disini saya mencoba membimbing dan memberi
materi yang lebih kepada anak tersebut, disatu sisi ada siswa saya yang saat
ini mengalami kendala dalam membaca, disini saya memberikan pendampingan secara
khusus agar anak tersebut dapat lancar membaca. Dampaknya adalah anak merasa
terlayani dengan apa yang saya lakukan, mereka merasa bahwa keunikan atau
kelebihan/ kekurangan yang mereka miliki dapat terlayani
- Sebutkan
tantangan-tantangan yang Anda hadapi dalam proses pembelajaran di kelas
yang disebabkan oleh keragaman murid-murid Anda tersebut?
Tindakan-tindakan apa yang telah Anda lakukan untuk mengatasi
tantangan-tantangan tersebut?
Jawab : tantangan yang saya hadapi, keragaman
siswa dari aspek ekonomi dimana keadaan ini berdampak pada anak didik kami,
contohnya, ada siswa saya yang setiap malam harus membantu orangtuanya
berjualan, maka pada keesok harinya saat masuk sekolah anak ini selalu
mengantuk dan tidur dikelas, ada juga siswa kami yang saat panen tiba, anak
tersebut akan sering tidak masuk, karena harus membantu mencari uang buat
keluarganya dengan ikut memanen disawah orang lain.
Tindakan yang saya lakukan adalah dengan
mengadakan home visit ke rumah mereka secara tidak langsung saya mengetahui keadaan
mereka. Dengan berkoordinasi dengan orang tua, paling tidak ada tindakan yang
bisa dilakukan oleh anak-anak tersebut. Seperti memberi batasan jam malam anak
membantu orang tuanya jualan, sehingga anak tersebut dapat segera istrirahat, sehingga besok anak
tersebut tidak tidur dikelas, anak yang membantu mencari uang saat panen dapat
kita arahkan ke pekerjaan yang lainnya contohnya, jika anak tersebut suka
beternnak, maka bisa diarahkan untuk beternak. Sehingga hal ini tidak menggangu
saat dia masuk sekolah
- Menurut
Anda, untuk mengakomodasi tantangan yang terkait dengan keragaman murid
tersebut, bagaimana seharusnya pembelajaran itu dirancang, dilaksanakan,
dan dievaluasi?
Jawab : Pembelajaran dirancang sesuai dengan
kondisi lingkungan lokal, dan mungkin satu daerah dan daerah lainnya akan
berbeda. Hal ini untuk menyesuaikan juga dengan potensi kemampuan yang dimiliki
oleh mereka, jelas berbeda jika kita mengajar di daerah pedesaan dengan yang
ada diperkotaan yang mana sarana dan prasarana mungkin lebih lengkap.
Dilaksanakan : dalam pelaksanaan tentunya butuh
adanya sarana dan prasarana yang memadai, selain itu juga dorongan serta
motivasi dari guru agar anak merasa senang, bahagia dan gembira dalam proses
pelaksanaan belajar
0 komentar:
Post a Comment