Di Modul ini saya mengikuti pembelajaran dan aktivitas yang telah ditampilkan di Learning Management System (LMS). Ada beberapa aktivitas pembelajaran yaitu :
• 2.1.a.6. Refleksi Terbimbing - Modul 2.1;
• 2.1.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Modul 2.1; dan
• 2.1.a.8. Elaborasi Pemahaman - Modul 2.1.
Dalam Jurnal Refleksi kali ini, saya menggunakan model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future).
Fact
Aktivitas pertama yaitu mempresentasikan hasil kolaborasi pertemuan sebelumnya tentang membuat RPP berdiferensiasi. Di hari kedua, saya melakukan Refleksi terbimbing. Kami diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan pemantik yang makin memperkuat kami meningkatkan pemahaman terkait pembelajaran berdiferensiasi. Aktivitas ketiga yaitu demonstrasi kontekstual. Di aktivitas ini kami diminta membuat Rencana pembelajaran berdiferensiasi dan mengevaluasi efektivitas RPP yang dibuat oleh sesama rekan CGP.
Aktivitas penutup yaitu Elaborasi Pemahaman, mengelaborasi pemahamannya tentang pembelajaran berdiferensiasi lewat proses tanya jawab dan diskusi. Ruang untuk menyampaikan keraguan dan persepsi tentang potensi hambatan dalam implementasi.
Feeling
Saya senang dan semangat mengikuti aktivitas pembelajaran ini. Saya jadi mampu menyusun RPP berdiferensiasi. Paham bagaimana menyusun pembelajaran yang menyelaraskan dengan karakteristik peserta didik sekolah saya. Mulai tergambar treatment seperti apa yang dapat diambil oleh saya sebagai bentuk tindakan yang mempertimbangkan kebutuhan belajar peserta didik. Meskipun ada keraguan terhadap proses dan alokasi waktu dalam pembelajaran.
Finding
Diminggu ini saya menemukan Informasi, pengetahuan dan pengalaman baru sebagai calon guru penggerak pemimpin pembelajaran. Salah satu aplikasi nyata bagaimana seorang guru harus menghamba pada anak adalah mengintegrasikan pembelajaran berdiferensiasi terhadap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Pembelajaran yang mengakomodir seluruh kebutuhan peserta didik dari minat, kesiapan belajar dan profil belajar peserta didik.
Ada keadilan dalam bentuk yang nyata, jika lingkungan yang mana guru dan siswa berkolaborasi dalam membangun pertumbuhan dan kesuksesan bersama, dan membangun atsmosfir lingkungan kelas yang positif.
Future
Saya akan coba memperhatikan kemampuan siswa dalam memilih aktifitas belajar yang sesuai dengan gaya belajar yang dimiliki yang bisa membantu menghindarkan siswa dari pengalaman belajar yang tidak tepat, membosankan dan cenderung pasif. Oleh karena itu penting bagi siswa untuk memahami gaya belajar yang dimilikinya agar siswa mampu belajar secara aktif dan efektif serta dapat melakukan improvisasi setiap proses belajar.
Saya juga akan lebih mempersiapkan kelas dengan kondisi siswa sampai benar-benar siap menerima pelajaran. Dan yang paling penting adalah setelah mengetahui kebutuhan belajar siswa seperti yang tersebut di atas, maka saya harus mendiferensiasikan proses, konten dan hasil belajar siswa sesuai dengan kemampuan dan potensinya.
SEMOGA BERMANFAAT
0 komentar:
Post a Comment