JURNAL REFLEKSI DUA MINGGUAN MODUL 3.2 PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN ASET SUMBER DAYA

Nov 8, 2022

 


Model 5 (4C)

        Hari demi hari diklat CGP semakin jauh melangkah. Materi yang disajikan semakin menarik dan membawa kami untuk selalu ingin belajar. Pengelolaan sumber daya yang ada di sekolah menjadi tema utama modul ini. Sebagai CGP mempelajari bagaimana mengelola aset atau sumber daya memerlukan kompetensi yang harus dikuasai. Penguasaan kompetensi yang baik akan mempengaruhi bagaimana CGP yang dalam hal ini sebagai pemimpin pembelajaran dapat memanfaatkan apa saja aset yang dimiliki baik biotik maupun abiotik. Kemampuan mengelola aset yang baik maka akan berdampak pada pembelajarannya semakin lancar dan dapat memenuhi kebutuhan peserta didiknya, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.




        Praktik-praktik pengelolaan pembelajaran yang selama ini CGP praktikkan masih belum berusaha memaksimalkan aset-aset yang ada di sekolah baik biotik maupun abiotiknya. Semua yang diajarkan oleh fasilititaor maupun pendamping praktik, menurut CGP tidak ada yang bertentangan. Jadi konsep pengelolaan aset sebagai pemimpin pembelajaran merupakan hal yang tepat. Pemanfaatan aset yang ada akan membawa dampak perubahan yang lebih cepat daripada menunggu aset yang masih di angan-angan. Pemanfaatan aset yang ada oleh semua komponen akan menggerakkan perubahan yang lebih cepat daripada dilakukan secara sendiri-sendiri. Adapun pelaksanaannya, bahwa pengelolaan aset-aset belum dilakukan secara maksimal untuk memenuhi kebutuhan peserta didik.

        Konsep pengelolaan yang dipelajari dalam modul ini yaitu bagaimana mengidentifikasi aset-aset yang ada kemudian dikelompokkan menjadi kategori-kategori, yaitu: 1) aset manusia; 2)aset sosial; 3) aset fisik; 4) aset politik; 5) aset lingkungan/alam; 6) aset finansial; 7) aset budaya/ agama. Ketujuh aset tersebut dipetakan, kemudian diidentifikasi mana yang dapat dimanfaatkan secara prioritas, dipertimbangkan pula efektifitas dan efisiensinya. Pengelolaan ketujuh aset ini tampaknya mudah, namun membutuhkan komitmen, kontinyuitas, pendekatan yang terencana dengan baik. Pelaksanaan juga harus dikontrol dan diawasi, serta refleksi dan evaluasi juga dijalankan. Sektor yang sudah baik dipertahankan, dan yang belum dapat berfungsi dicari solusinya agar dapat berjalan lancar.
Berbagai perubahan telah saya rasakan setelah CGP mendapat materi modul ini. Perubahan yang saya rasakan yaitu saya jadi memperdulikan aset-aset yang ada di sekolah, kemudian berpikir mana yang dapat difungsikan untuk mendukung pembelajaran di sekolah. Berbagai prinsip pengelolaan aset juga dapat dipegang dan akan dijalankan sebagaimana mestinya ketika aktivitas sehari-hari di sekolah.



0 komentar:

Post a Comment