3.3.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.3 Penyusunan Program yang Berdampak pada Murid

Nov 14, 2022

 JUDUL : PROGRAM KELAS IMPIAN



MUQODIMAH
Suasana belajar dan lingkungan belajar sangat menentukan keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Murid memerlukan suasana belajar yang menyenangkan. Setiap murid memiliki kelas impian masing-masing, sehingga kita sebagai guru diharapkan bisa menuntun mereka mewujudkan kelas impian itu

Dalam proses pembelajaran agar dapat mencapai tujuan perlu sebuah strategi. Banyak sekali kendala yang kita hadapi terkait dengan iklim belajar kita. Saat ini kita membutuhkan kerja sama dengan berbagai pihak termasuk murid dan teman sejawat untuk menciptakan kelas impian yang berpihak pada murid. Saat ini bukan saatnya mendikte murid namun memberikan ruang ekspresi dan kebebasan berkreasi dalam menjalani pembelajaran. Murid memerlukan ruang bebas untuk eksplorasi minat dan bakatnya.

APA PROGRAM KELAS IMPIAN ?
Kelas impian adalah program sekolah yang menitikberatkan kepada kemauan siswa dalam mengeksplorasi ide dan gagasan mereka terhadap suasana kelas yang mereka impikan, supaya kegiatan belajar mereka nyaman dan menyemangati mereka dalam kesehariannya

Tujuan : 
1. Kelas impian merupakan program pemberdayaan yang bertujuan mengajak anak-anak mengenali potensinya: menjadi pribadi yang berani dan mampu bermimpi sejak dini.
2. Kelas  impian  adalah gambaran cita-cita  anak agar pembelajaran  di dalam kelas menjadi lebih menyenangkan, ramah dan aman

3. Kelas impian adalah bentuk ekspresi para siswa terhadap lingkungan belajar yang mereka inginkan, Tema Kelas impian dapat berupa sebuah karakter kartun maupun film . Dalam setiap kelas wajib menyediakan pojok baca agar para siswa dapat membaca dan menumbuhkan sikap rajin membaca
4. Kelas Impian  yang dapat membuat siswa lebih kreatif, inovatif dan kolaboratif


BAGAIMANA PROGRAM INI KITA LAKSANAKAN?
Program ini adalah program terjadwal di mana setiap 3 bulan sekali, setiap murid di kelas 7  untuk SMP dan X untuk SMA/SMK akan mengadakan evaluasi berkaitan dengan pelaksanaan  program ini. Jenis kegiatan : intrakurikuler. Jenjang kelas yang ingin menjadi target : kelas 7 untuk SMP, kelas X untuk SMK. Karakteristik lingkungan yang membuka wawasan murid agar dapat menentukan dan menindak”lanjuti tujuan harapan/mimpi yang manfaat dan kebaikannya melampaui pemenuhan kepentingan individu, kelompok maupun golongan

MENGAPA ?
Program ini untuk untuk mewujudkan kelas impian siswa yaitu menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, aman dan menyenagkan. Aksi nyata yang dibutuhkan adalah kelas impian yang diinginkan oleh siswa, menumbuhkan sikap Kerjasama dalam mencapai tujuan dan menumbuhkan motivasi kepada siswa untuk lebih peduli terhadap sesama teman.

ADA 3 ASPEK YANG INGIN DITUMBUH KEMBANGKAN, YAITU :
VOICE :
1.    Memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan masukan /saran terhadap impian  kelas yang diinginkan
2.    Memberikan kesempatan kepada siswa  untuk bertanya, berkontribusi dan berdiskusi


COICE :
1. Memberi kesempatan siswa memilih tema apa yang mereka inginkan setiap 3 bulan sekali
2. Memberikan kesempatan siswa untuk mengeksplorasi kemampuan/potensi diri yang mereka miliki
3. Memberi kesempatan siswa untuk memilih peran yang diambil

OWNERSHIP :
1. Mengajak siswa mengatur bentuk/penataan meja kursi kelas dan dekorasi
2. Mengajak siswa berpartisipasi aktif untuk mewujudkan kelas impian
3. Menumbuhkembangkan sikap tanggungjawab dalam mewujudkan kelas impian


DASAR FILOSOFI KHD
Menuntun siswa sesuai dengan kodrat alam dan kodrat jaman sehingga mereka selamat dan dapat memberi manfaat buat orang lain

POIN PROFIL PELAJAR PANCASILA YANG DIKEMBANGKAN :
Mampu bergotongroyong, Kepemimpinan murid untuk terlibat dan berinteraksi dengan orang lain, berkontribusi dalam kehidupannya
Mandiri, Menumbuhkembangkan kepemimpinan murid mendorong murid untuk mengambil control dan bertanggungjwab pada proses pembelajarannya sendiri

KARAKTER LINGKUNGAN PENDUKUNG TUMBUHKEMBANGNYA KEPEMIMPINAN PADA MURID YANG AKAN DIKEMBANGKAN :
Karakteristik lingkungan yang membuka wawasan murid agar dapat menentukan dan menindak”lanjuti tujuan harapan/mimpi yang manfaat dan kebaikannya melampaui pemenuhan kepentingan individu, kelompok maupun golongan

PRAKARSA PERUBAHAN :
Menjadikan kelas yang nyamand dan menyenangkan sesuai dengan impian yang diinginkan oleh siswa sesuai dengan kesepakatan kelas

WAKTU PELAKASANAAN : dilakukan 3 bulan sekali sesuai dengan kesepakatan kelas

PENANGGUNGJAWAB : Pengurus Kelas

TAHAPAN BAGJA :
1. B-uat Pertanyaan (Define)
Pertanyaan ?
Apa yang membuat kelas menyenangkan dan nyaman buat siswa?
Bagaimana kita dapat membuat kelas yang menyenangkan sesuai dengan impian yang diinginkan oleh siswa

Tindakan yang diperlukan untuk mendapat jawaban
Diskusi bersama Kepala Sekolah, teman sejawat, wali  murid, bagaimana program ini dapat berjalan
Dialog dengan teman sejawat, pengalaman apa yang telah dilakukan sehigga kelas menjadi menyenangkan sesuai dengan impian yang diinginkan oleh siswa
Rencana untuk melibatkan suara/pilihan/kepemilikan murid
Melakukan  rapat bersama pengurus kelas untuk menguatan ide di tahap awal
Aset/Kekuatan/sumberdaya yang dapat diberdayakan 
Murid-murid
Rekan Guru
Kepala Sekolah
Wali Murid


2. A-mbil Pelajaran (Discover)
Pertanyaan ?
Model kelas seperti apa yang diinginkan oleh siswa
Aktifitas apa saja yang menarik minat siswa di dalam kelas impian mereka
Tindakan yang diperlukan untuk mendapat jawaban
Survey ke kelas dengan bertanya apakah anak-anak menginginkan kelas seperti apa, sehingga mereka merasa senang
Rencana untuk melibatkan suara/pilihan/kepemilikan murid
Curah pendapat bersama lebih banyak murid untuk  mengetahui kelas impian yang mereka inginkan
Aset/Kekuatan/sumberdaya yang dapat diberdayakan 
Murid
Guru
Sarana prasarana yang ada  di kelas
Bakat minat siswa

3. G-ali mimpi (Dream)
Pertanyaan ?
Apakah kebiasaan-kebiasaan baru akan terjadi ketika telah tercapai ketika kelas impian sudah terwujud
Bagaimana perasaan siswa ketika siswa telah mewujudkan kelas impiannya
Tindakan yang diperlukan untuk mendapat jawaban
Membuat layout/ desain kelas
Merencakan gambar yang akan di gambar untuk membuat kelas menjadi menarik
Menanya perasaan murid tyentang perasaanya setelah nanti mereka bisa mewujudkan kelas impiannya
Rencana untuk melibatkan suara/pilihan/kepemilikan murid
Menanyakan pendapat setiap murid tentang pendapat dan harapan mereka akan kegiatan tentang kelas impian
Meminta siswa untuk membuat layout dan desain tentang kelas impiannya nanti
Aset/Kekuatan/sumberdaya yang dapat diberdayakan 
Guru
Murid 
Saran Prasarana kelas
Potensi yang dimiliki oleh siswa


4. J-abarkan rencana (Design)
Pertanyaan ?
Apa langkah yang akan  dilakukan
Berapa lama target untuk melaksanakan  proses ini
Tindakan yang diperlukan untuk mendapat jawaban
Menyusun bahan-bahan yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan kelas impian ini
Mengkoordinasikan jadwal kegiatan dengan kepala sekolah dan para guru
Rencana untuk melibatkan suara/pilihan/kepemilikan murid
Memberikan pilihan kepada murid tentang layout, desain, gambar yang diperlukan oleh siswa
Mendiskusikan dengan murid waktu pelaksananaan kegiatan
Aset/Kekuatan/sumberdaya yang dapat diberdayakan 
Modal manusia (guru, murid)
Modal Alam (lingkungan kelas dan kelas)
Modal Finansial (kas kelas untuk membeli kelengkapan dalam membuat gambar)

5. A-tur eksekusi (Deliver)
Pertanyaan ?
Siapa yang akan terlibat dalam mewujudkan rencana ini
Apa saja peran yang dibutuhkan dan siapa yang mengisi peran tersebut
Tindakan yang diperlukan untuk mendapat jawaban
Menyusun kepanitiaan kegiatan kelas impian
Menyusun waktu pelaksanaan kegiatan
Menyusun tahapan kegiatan
Rencana untuk melibatkan suara/pilihan/kepemilikan murid
Mengkoordinasikan dengan murid tentang pembagian tugas, waktu dan tahap kegiatan
Mempersilahkan murid untuk melakukan aksi nyata dalam mewujudkan kelas impiannya
Aset/Kekuatan/sumberdaya yang dapat diberdayakan 
Modal manusia (guru, murid)
Modal Alam (lingkungan kelas dan kelas)
Modal Finansial (kas kelas untuk membeli kelengkapan dalam membuat gambar)
Modal sosial (ijin dari bapak kepala sekolah)








0 komentar:

Post a Comment