Tugas 3.2.a.6. Demontstrasi Kontekstual – Modul 3.2

Oct 31, 2022

 


Dalam kegiatan Demontrasi Konstektual Modul  3.2 dengan tema : Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya, Calon Guru Penggerak  diminta melakukan kegiatan analisis video tentang :

1. Visi dan prakarsa perubahan. 

2. Mengidentifikasi kegiatan berdasarkan alur BAGJA. 

3. Mengidentifikasi peran pemimpin pembelajaran

4. Menganalisis modal utama yang dapat dimanfaatkan.

Setelah melihat tontonan dari video, visi sekolah yang dapat dimunculkan adalah "Terwujudnya Sumber Daya Manusia yang Mandiri,  Kolaboratif, Inovatif yang dilandasi iman  dan takwa serta Sekolah yang menyenangkan ". Adapun prakarsa perubahan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut adalah mewujudkan kelas yang aman, nyaman dan menyenangkan bagi peserta didik untuk belajar.



Hasil analisis terhadap video  berdasarkan pada alur BAGJA sebagai berikut :

Tahap pertama adalah B-uat pertanyaan utama, dalam video tersebut pertanyaan utama yang dimunculkan "Bagaimana cara merubah kelas  yang tidak  nyaman bagi peserta didik menjadi kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar". 



Langkah tindakan yang dapat dilakukan yaitu melakukan sharing tukar pendapat serta berkolaborasi dengan rekan sejawat dalam merumuskan kalimat pertanyaan utama prakarsa perubahan, membuat pertanyaan pemantik kepada siswa tentang kelas yang nyaman dan menyenangkan bagi mereka, dan membuat pertanyaan "Penyemangat Belajar" kepada siswa.

Langkah kedua A-mbil pelajaran, guru mengajukan pertanyaan "setelah  mengamati tulisan di papan tulis,  tentang penyemangat belajar kira-kira apa yang muncul di pikiran mereka, kemudian mereka memberikan  tanggapan terkait apa yang mereka inginkankan. Jika kita mengamati kelas yang ada di sekitar lingkungan yang ada, Kelas seperti apa yang membuat siswa nyaman dan menyenangkan" . untuk menjawab pertanyaan tersebut saat istirahat ibu guru meminta siswa untuk melakukan kegiatan observasi ke kelas 2 dan kelas 6 yang sudah berhasil. Mereka dapat menanyakan apa yang ingin mereka ketahui tentang kelas yang nyaman dan  menyenangkan.


Pertanyaan selanjutnya adalah "Bagaimana mengatur kelas yang nyaman dan menyenangkan?". Pertanyaan berikutnya yang dapat diambil sebagai berikut (1) Kegiatan apa yang dilakukan untuk mendapatkan kelas yang nyaman dan menyenangkan?, (2) Apa yang disukai oleh siswa tentang kelas yang menyenangkan?, dan (3) Apa yang menyenangkan dari kelas sendiri?. Langkah atau tindakan yang diambil oleh guru berupa kegiatan tanya jawab dengan siswa tentang kriteria kelas yang nyaman dan menyenangkan, dan mengiventarisasi kelas sendiri yang sudah baik dan menyenangkan.

Langkah ketiga adalah G-ali mimpi. Pada  kegiatan gali mimpi  ibu guru menggunakan Teknik  “STOP”   Pertanyaan yang dapat dibuat adalah (1) bagaimana bayangan seperti apa kelas yang nyaman dan menyenangkan?, (2)  kelas seperti apa yang kalian impikan?, dan (3) Gambarkan kelas yang nyaman dan menyenangkan yang dapat menjadi penyemangat belajar? Hal ini terlihat dari tindakan guru meminta siswa memejamkan mata dan meminta siswa membayangkan kelas seperti apa yang nyaman dan menyenangkan sehingga dapat menjadi penyemangat belajar. Langkah lainnya dengan melakukan kegiatan diskusi kelompok untuk menggambarkan lingkungan kelas yang nyaman, menyenangkan, dan dapat menjadi penyemangat dalam belajar sesuai dengan bayangan dari siswa dan dilanjutkan kegiatan presentasi kelas impian oleh siswa. Guru mencatat informasi kelas impian yang disampaikan oleh siswa.



Langkah keempat adalah J-abarkan rencana, ini terlihat dengan pertanyaan "Apa yang harus kita lakukan untuk kelas impian kita?" dan "Apa yang dibutuhkan untuk mewujudkan kelas impian?" Tindakan yang dilakukan adalah kegiatan diskusi dan kolaborasi dengan murid dalam menginventarisasi usulan dari siswa tentang kelas impian mereka. 



Langkah terakhir adalah A-tur eksekusi. Pada langkah ini pertanyaan yang dimunculkan adalah "Kapan waktu yang tepat dalam mewujudkan kelas impian?" dan menanyakan kesiapan siswa dalam mewujudkan kelas impian. Langkah yang diambil dalam mengeksekusi tindakan adalah dengan membentuk empat kelompok kerja dengan tugas yang ditetapkan, memberikan semangat dan motivasi kepada siswa bahwa kita pasti bisa. Pembagian tugas kelompok terdiri dari membersihkan kelas, membuat hiasan dinding, menyusun bangku, dan menyusun buku. Langkah berikutnya adalah kegiatan pembersihan kelas, menata bangku, memasang hiasan di dinding, dan menata buku. Guru memberikan apresiasi kepada siswa setelah selesai membuat ruang kelas menjadi nyaman dan menyenangkan.



Modal utama yang dimanfaatkan pada tayangan video tersebut terdiri dari; (1) modal manusia, (2) modal sosial, (3) modal fisik,  (4) modal lingkungan/alam dan (5) modal finansial. Modal manusia terlihat dengan adanya guru yang berpihak pada murid dengan ditunjang kolaborasi dengan murid yang mandiri dan kreatif dalam mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan. Modal sosial terlihat pada kegiatan hubungan sosial dengan rekan sejawat sehingga mampu membuat program yang bagus. Modal fisik terlihat dengan adanya ruang kelas yang tersedia untuk diubah menjadi kelas yang nyaman dan menyenangkan. Modal lingkungan/alam terlihat pada kegiatan menghias kelas yang menggunakan beberapa bahan dari alam. Sedangkan modal finansial terlihat dari dukungan guru, sekolah, dan orang tua dalam menyediakan peralatan dan bahan yang digunakan untuk menghias kelas sehingga terbentuk kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk kegiatan pembelajaran


 


4 komentar:

Anonymous said...

Sangat bagus, kalau kita sebagai guru bisa melaksanakan, tentunya kurikulum merdeka benar2 bisa terlaksana sesuai harapan dan .... Tidak ada siswa yang izin tidak masuk or membolos. Pembelajaran sesuai dengan yang diinginkan siswa. Semoga kita bisa menerapkan. Aamiin

Jemi Math Ngawi said...

Bagus Kak Aan... memanfaatkan aset yang ada untuk membuat kelas menjadi nyaman, enak dan menyenangkan..sehingga semangat belajar anak-anak bisa meningkat

Anonymous said...

Sangat bagus, lanjutkan dan tingkatkan. Sukses selalu

Anonymous said...

Terima kasih atas masukannya

Post a Comment