RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANGIVING OPINION
Bagian I. Identitas dan Informasi mengenai Modul / RPP
Mata
Pelajaran |
Bahasa Inggris |
Nama Penyusun |
Aan Pujiyono Timorenti,
S.Pd |
Institusi |
SMKS PGRI 1 Ngawi |
Tahun |
2022 – 2023 |
Jenjang Sekolah |
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) |
Kompetensi Keahlian |
Semua kompetensi keahlian |
Kelas |
X |
Elemen |
Menyimak – Berbicara |
Capaian Pembelajaran |
Pada akhir fase E, peserta didik mampu menggunakan unsur kebahasaan membuat teks berisi ungkapan pendapat dan pikiran menggunakan I think, I suppose, dan In my opinion. |
Alokasi Waktu |
4 JP |
Moda Pembelajaran |
Tatap Muka (TM) |
A.
Profil Pelajar Pancasila
1. Kreatif |
Mampu menghasilkan banyak gagasan, ide, jawaban |
2. Bernalar
Kritis |
Mampu mengajukan dan menjawab pertanyaan |
3. Mandiri |
Mampu mengerjakan tugas individu yg diberikan |
B.
Sarana dan Prasarana
1. Komputer, HP |
2.
Internet |
3.
LCD Proyektor/ OHP/ Papan Tulis |
C.
Target Peserta Didik
1. Peserta
didik reguler yang aktif berdiskusi dalam
kegiatan pembelajaran |
2.
Peserta didik dengan hambatan belajar
dalam mengikuti kegiatan pembelajaran |
3. Peserta
didik cerdas / berbakat istimewa dalam kegiatan pembelajaran |
D.
Model Pembelajaran
Discovery Learning |
E.
Kompetensi Sosial dan Emosional
KSE-Kesadaran diri : siswa dapat mengidentifikasi
emosi-emosi dalam diri sendiri KSE-Keterampilan berelasi : siswa dapat berkomunikasi
secara efektif KSE-Keterampilan kesadaran social : siswa dapat
mempertimbangkan pandangan/pemikiran orang lain |
Bagian II. Kompetensi Inti
A. A. Tujuan
Pembelajaran
1. Peserta didik mampu mengidentifikasi secara kreatif Unsur Kebahasaan Teks interaksi transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang
melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait pendapat dan pikiran dengan teliti. |
2. Peserta
didik mampu menulis Teks interaksi transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang
melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait pendapat dan pikiran sesuai kaidah kebahasaan dengan
benar |
3. Peserta
didik mampu mempresentasikan hasil tulisan interaksi transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang
melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait pendapat dan pikiran yang telah dibuat dengan meggunakan bahasa yang sederhana. |
A. B. Pemahaman Bermakna
1. Identifikasi
dilakukan untuk mengetahui Unsur dan Kebahasaan tulisan interaksi transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang
melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait pendapat dan pikiran 2. Menulis
Teks tulisan interaksi transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait pendapat dan pikiran untuk mengetahui kreativitas
peserta didik. 3. Mempresentasikan
hasil tulisan Teks tulisan interaksi transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang
melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait pendapat dan pikiran untuk melatih kemampuan
berbicara di depan umum. |
B.
Pertanyaan Pemantik
1.
Apa yang kamu ketahui tentang Opini atau pendapat? |
2. Kepada siapa saja biasanya kita
meminta pendapat atau memberikan pendapat kita? |
3.
Hal apa
saja yang biasanya kita meminta
pendapat dan memberi pendapat? |
4.
Unsur apa
saja yang kamu temukan dalam memberi dan meminta pendapat? |
C.
Persiapan Pembelajaran
1. Guru
menyiapkan materi tentang giving opinion, Link youtube
: https://www.youtube.com/watch?v=SD0HHFJdwfo |
2.
Guru menyusun instrumen asesmen yang di
gunakan dalam proses pembelajaran |
3.
Guru melakukan diagnosis pembelajaran |
4. Pemetakan
pemenuhan kebutuhan murid : ü Penayangan
video bagi siswa yang suka melihat video berkaitan opini ü Poster/ gambar
tentang opini bagi siswa yang suka melihat gambar berkaitan opini ü Flowcart –
ringkasan materi terkait opini. |
D.
Langkah-Langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan pendahuluan
- Peserta didik dan Guru memulai dengan
berdoa bersama.(Penerapan profil pelajar Pancasila: bertakwa kepada Tuhan Yang Maha
Esa)
- Peserta didik disapa dan melakukan
pemeriksaan kehadiran bersama dengan guru.
- Peserta didik diberikan penjelasan
mengenai materi hari ini adalah memberi dan meminta pendapat/ opini dengan
demikian wajib dikuasai.
- Peserta didik diminta untuk fokus dan
menyiapkan catatan apabila dibutuhkan.
-
Peserta
didik dan guru berdiskusi melalui pertanyaan pemantik: (KSE-Keterampilan berelasi)
o Apakah kamu ketahui tentang Opini
atau pendapat?
o Kepada siapa saja biaanya kita
meminta pendapat atau memberikan pendapat kita?
o Hal apa saja yang biasanya
kitameminta pendapat dan memberi pendapat?
o Unsur apa saja yang kamu temukan dalam
memberi dan meminta pendapat?
2.
Kegiatan
inti
- Peserta
didik mendapatkan pemaparan secara umum tentang contoh opini (disini guru memberikan
contoh-contoh kata tentang opinion dengan cara menayangkan percakapan lewat
media youtube. Link youtube : https://www.youtube.com/watch?v=SD0HHFJdwfo
, (diferensiasi konten)
-
Dengan
metode ini guru memberikan pertanyaan mengenai:
o Definisi opini
o Contoh kata-kata dalam meminta dan
memberi opini (diferensiasi
proses)
- Sebelum melanjutkan teknik STOP
sejenak ke proses pembelajaran berikutnya guru mengajak siswa mempraktekannya
- Siswa melakukan teknik STOP
(rileks) dipandu guru.
- Sebagai ice breaking dilakukan
tebak-tebakan emosi (disajikan gambar di slide kemudian siswa menebak emosi
pada gambar) (KSE Kesadaran diri)
Kemudian diberikan 2 gambar emosi
(senang dan sedih), siswa memberikan opini berupa solusi yang dapat
dilakukannya jikatemannya mengalami 2 emosi pada gambar. (KSE Kesadaran Sosial)
- Dari jawaban yang diberikan oleh
peserta didik, guru memetakan berkaitan dengan kebutuhan murid. dari pemetaan tersebut guru membagi beberapa
murid menjadi beberapa kriteria. Kriteria 1 = untuk murid yang belum memahami
tentang opini/pendapat, macam-macam kalimat opini. Kriteria 2 = murid yang
sudah mengetahui tentang opini, tapi belum bisa menjelaskan macam-macam kalimat
opini, kriteria 3 : murid yang sudah mengetahui tentang opini dan juga bisa menjelaskan
macam-macam kata dalam meminta opini.
- Dari 3 kriteria diatas : untuk
murid yang belum memahami tentang opini/pendapat, macam-macam kalimat opini,
guru memberikan pendampingan serta memberikan bimbingan individual atau
melakukan pembelajaran tutor sebaya dimana murid yang sudah bisa membantu
temannya memahami hal yang belum bisa. (diferensiasi Proses, KSE Keterampilan
berelasi)
- Untuk murid yang sudah mengetahui tentang
opini, tapi belum bisa menjelaskan macam-macam kalimat opini disini guru meminta
teman yang bisa untuk memberikan contoh atau gambaran tentang macam-macam kalimat
opini, bisa dengan cara melihat contoh-contoh opini yang ada di youtube. Selain
itu guru juga melakukan pendampingan. (Guru melaksanakan diferensiasi
proses)
-
Bagi siswa
yang telah mengetahui tentang opini dan juga bisa menjelaskan macam-macam kata
dalam meminta opini. Bisa membuat dan menuliskan kalimat yang menggambarkan
macam-macam opini. Kalimat tersebut bisa diambil dari berbagai macam sumber
belajar. (proses diferensiasi konten)
- Peserta didik diminta untuk mempresentasikan
hasil tulisan yang telah dibuat secara mandiri.
- Peserta didik lain diminta mengamati personal higiene kawannya (format pengamatan terlampir) (KSE-Kesadaran Sosial)
3.
Kegiatan penutup
- Guru
membimbing siswa membuat kesimpulan pembelajaran yang telah dipelajari.
Refleksi
o Apakah ada kendala pada kegiatan
pembelajaran?
o Apakah semua siswa aktif dalam kegiatan
pembelajaran?
o Apa saja kesulitan siswa yang dapat
diidentifikasi pada kegiatan pembelajaran?
o Apakah siswa yang memiliki kesulitan
ketika berkegiatan dapat teratasi dengan baik?
o Apa level pencapaian rata-rata siswa
dalam kegiatan pembelajaran ini?
o Apakah seluruh siswa dapat dianggap
tuntas dalam pelaksanaan pembelajaran?
o Apa strategi agar seluruh siswa dapat menuntaskan kompetensi
E. Asesmen
1. Assassmen kognitif
1. Elsa : What do you think about the new rules of school’s hours?
I really don’t like the ideas that I should wake up earlier than before?
Eko : I don’t know what to think about it. I’m still confused with the announcement.
From the dialogue, we know that....
A. Elsa likes the new rules
B. Elsa doesn’t understand the announcement
C. Eko is against the new rules
D. Eko has no opinion on the new rules
2. The dialogue above uses the expression of….
A. Suggestion C. Opinion
B. Invitation D. Confirmation
3. Where does the dialogue take place?
A. In a zoo C. In the classroom
B. In a restaurant D. In a movie
4. Teacher : What are your opinions on bullying?
Mamat : …… it’s bad because it makes people feel badly about themselves and that
shouldn’t happen.
Icha : I think bullying is a harrowing epidemic, and it needs to be stopped.
Suitable expression to complete the dialogue is….
A. I don’t mind C. I suppose
B. Can you help me D. I’m so sorry
5. Which of the following is TRUE according to the dialogue?
A. Both students supporting bullying C. Icha is strongly reject bullying
B. Bullying is the name of a disease D. Being bullied brings good to people
6. These are the effect of bullying, except….
A. Lack of self confident C. Nice attitude
B. Felling inferior D. No respect
7. Nino : ........?
Syifa : Based on my opinion it is an excellent film.
A. How about watching a movie C. Don’t you think I am beautiful?
B. What do you think of this film D. How do you feel about him
8. Liana : Film of Kartini it’s so inspiring. And what do you think about the inspiring film of
Kartini?
Bram : I think…
A. Thank you, Kartini C. I can’t hear you call Kartini
B. You forget Kartini’s day D. I love Kartini’s film its so inspiring me
9. Wanda : I think our city is saved from the virus, so we can go around.
Ellisa : But I don’t think so,……. Our city is not saved. We must stay at home at least in lock down time.
A. In my opinion C. See you next time
B. She forgets it D. You know it
10. Drue : May I know what do you think of my short story?
Julia : It’s a good story, but I suggest changing the title with an interesting title.
Drue : Nice opinion. Thanks, Julia.
Julia : Anytime, Drue!
From the dialogue above between Julia and Drue, Julia is……
A. Giving order C. Asking for attention
B. Asking for an opinion D. Giving an opinion
Pedoman penilaian :
Skor Akhir = Jumlah jawaban benar x 10
Kunci jawaban :
1. D
2. C
3. C
4. C
5. C
6. C
7. B
8. D
9. A
10. D
2. Asesmen Non Kognitif
Rubrik Penilaian Sikap (Profil Pemuda Pancasila)
Beri tanda checklist (V) pada kolom yang sesuai dengan perilaku siswa dalam kerja kelompok selama proses pembelajaran berlangsung
No. |
Aspek yang diobservasi |
Hasil Pengamatan |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
Mandiri · Mampu mengerjakan tugas individu yg diberikan · Membawa kebutuhan belajar sendiri · Tidak banyak bertanya pada teman saat
mengerjakan tugas |
|
|
|
|
2 |
Bernalar Kritis · Mampu memahami dan menganalis masalah · Mampu mengajukan dan menjawab pertanyaan · Mampu memutuskan masalah |
|
|
|
|
3 |
Kreatif · Kemampuan untuk menghasilkan banyak gagasan, ide,
jawaban. · Mampu mengubah pola pikir melihat masalah dari
perspektif berbeda. · Kemampuan untuk mengembangkan, memperbaiki,
memperhalus, menyempurnakan, menerapkan ide sehingga menjadi lebih baik dan
menarik dibandingkan sebelumnya. |
|
|
|
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
Total |
|
|
|
|
|
Nilai Akhir (Total/3) |
|
|
|
|
Kualifikasi Nilai Akhir (NA)
Penilaian Sikap
Skor |
Kualifikasi |
1,00 – 1,99 |
Sikap Kurang (K) |
2,00 – 2,99 |
Sikap Cukup (C) |
3,00 – 3,99 |
Sikap Baik (B) |
4,00 |
Sikap Sangat Baik (SB) |
F.
Pengayaan
dan remidial
Pengayaan yang dilakukan adalah diberikan kepada siswa yang sudah
menguasai materi ini dengan diberikan masalah yang tingkat kesulitannya lebih
tinggi sedangkan remedial yang dilakukan adalah remedial teaching dengan
tindakan hanya pada masalah yang belum dipahami siswa dengan menggunakan
strategi scaffolding sehingga remidial teaching antara peserta didik yang satu
dengan yang lain bisa jadi berbeda.
G.
Refleksi
Guru
-
Apakah
tujuan pembelajaran tercapai?
-
Apakah
nampak siswa belajar secara aktif?
-
Apakah
seluruh siswa mengikuti pelajaran dengan baik?
-
Apakah
pembelajaran yang saya lakukan sudah sesuai dengan apa yang saya
rencanakan?
-
Hal-hal
apa yang berjalan dengan baik?
- Kegiatan pembelajaran akan lebih baik jika....
H.
Refleksi
siswa
Jawablah pertanyaan dibawah ini
dengan jujur
1.
Bagian
mana yang menurutmu paling sulit dari pelajaran ini?
2.
Apa
yang akan kamu lakukan untuk memperbaiki hasil belajarmu?
3.
Kepada
siapa kamu akan meminta bantuan untuk memahami pelajaran ini?
4.
Jika
kamu diminta untuk memberikan bintang 1 sampai 5, berapa bintang akan kamu
berikan pada usaha yang telah kamu lakukan?
I.
Lampiran
a.
Glosarium
EXPRESSION
I agree .... We believe ....
I reckon .... I doubt ....
I assume .... I don’t agree ....
I think .... As far as I am concerned ....
Some people believe .... Majority agree with....
I am afraid I have to disagree with you. It is not
justified to say so
What I mean is .... In my humble opinion ....
In my opinion ... Personally, I think ....
In my experience .... I would like to point out that
....
Example:
I agree with what you say.
b. Daftar
pustaka
Ern, Emilia. 2012. Pendekatan Genre-Based dalam Pengajaran Bahasa Inggris: Petunjuk Untuk
Guru, Bandung: Rizi Press, Indonesia
https://www.zenius.net/blog/asking-and-giving-opinions-thoughts
https://www.englishclub.com/vocabulary/fl-giving-opinions.htm
Ngawi, …. Juli 2022
Mengetahui, Guru Mata pelajaran
Kepala SMK PGRI 1 Ngawi Bahasa Inggris
Farid Samsul Hadi, S.Pd, M.Pd Aan Pujiyono Timorenti, S.Pd
0 komentar:
Post a Comment